Yamaha Vixion Menggunakan Premium atau Pertamax?

Yamaha Vixion adalah sepeda motor buatan pabrikan berlogo Yamaha dengan kapasitas 150 cc. Tak dapat dipungkiri bahwa Yamaha Vixion adalah raja di kelas motor sport 150 cc. Meski banyak pabrikan lain mencoba mengguncang vixion Yamaha dari sana, penjualannya masih tinggi di Indonesia. Dengan sistem bahan bakar yang menggunakan motor sport injeksi itu memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Berbicara tentang masalah bahan bakar, bahan bakar apa yang paling cocok untuk Yamaha Vixion.
Yamaha Vixion Menggunakan Premium atau Pertamax
Yamaha Vixion menggunakan premium atau pertamax, mungkin itu pertanyaan yang sering muncul dari pengguna vixion. Nah sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, mari kita bahas dulu tentang perbedaan dari pertamax dan premium. Hal yang membedakan kedua jenis bahan bakar adalah nilai oktannya. Berapa nilai oktannya? Nilai oktan adalah nilai yang menunjukkan tingkat ketahanan bahan bakar terhadap suhu dan tekanan. Jadi semakin tinggi nilai oktan, semakin tinggi ketahanan bahan bakar terhadap suhu dan tekanan. Pertamax memiliki 92 nilai oktan, pertamax plus memiliki nilai oktan 95 sedangkan premium hanya 88.

Setiap sepeda motor memiliki rasio kompresi tersendiri. Perbandingan kompresi adalah rasio antara volume silinder (ketika piston berada di TMB) dan volume ruang pembakaran (ketika piston berada di TMA). Sekarang rasio kompresi sangat berpengaruh pada jenis bahan bakar yang digunakan. Semakin tinggi rasio kompresi, semakin banyak bahan bakar yang memiliki nilai oktan lebih tinggi juga diperlukan. Pada sepeda motor Vixion memiliki rasio kompresi 10, 4: 1. Apa bahan bakar yang cocok untuk Yamaha Vixion? Lihat daftar di bawah ini:

  • Premium (oktan 88) = rasio kompresi 7: 1 hingga 9: 1
  • Pertamax (oktan 92) = Perbandingan kompresi 9: 1 hingga 10: 1
  • Pertamax Plus (oktan 95) = Perbandingan kompresi 10: 1 hingga 11: 1

Sekarang, sudahkah Anda menjelaskan bahan bakar yang cocok untuk Yamaha Vixion? Tetapi sebenarnya menggunakan pertamax, hasil pembakaran juga bagus. Untuk sepeda motor lainnya, sesuaikan sendiri antara perbandingan kompresi dan nilai oktan.

Lalu apa dampaknya jika sepeda motor dengan rasio kompresi tinggi tetapi diisi dengan bahan bakar dengan nilai oktan yang rendah? Ambil contoh, misalnya, Vixion menggunakan premium. Tentu saja, karena kompresi tinggi tetapi diisi dengan bahan bakar dengan nilai oktan rendah, bahan bakar akan terbakar lebih awal karena tidak mampu menahan tekanan kompresi atau yang dikenal sebagai pre ignition. Sekarang pre ignition ini akan menyebabkan knocking yang berpotensi merusak beberapa komponen. Jadi mulailah dengan bijak dalam memilih bahan bakar untuk sepeda motor Anda. Lebih baik sedikit mahal tetapi mendapatkan hasil yang lebih optimal dan komponen mesin lebih awet.
Facebook Comments

0 comments