Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir

Meskipun sekarang hampir semua sepeda motor terbaru telah menggunakan sistem injeksi, pengguna sepeda motor yang menggunakan karburator masih jauh lebih banyak. Karburator pada sepeda motor berfungsi untuk mengecilkan bahan bakar dalam hal ini bensin ke dalam silinder. Jika usia pemakaiannya sudah lama, sering ada masalah dengan karburator. Salah satu masalah yang sering dijumpai adalah karburator banjir atau gas di dalamnya meluap. Lalu apa penyebab karburator banjir ini? Lihat ulasan berikut
Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir
Penyebab Banjir karburator adalah katup jarum yang tidak menutup sepenuhnya. Di bagian bawah karburator ada ruang pelampung yang digunakan untuk menahan bensin sementara. Di dalamnya ada pelampung yang terhubung ke katup jarum. Katup jarum ini berfungsi sebagai katup untuk menutup dan membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Ketika bensin di ruang pelampung berkurang, katup jarum akan terbuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan ketika ruang pelampung diisi penuh oleh bensin, katup jarum akan menutup saluran. Jadi jika ketika ruang pelampung sudah penuh, tetapi katup jarum tidak menutup sepenuhnya, maka bensin otomatis akan meluap atau dikenal sebagai karburator banjir.

Cara menangani karburator banjir sebenarnya cukup mudah. Pertama keluarkan karburator dari kepala silinder dengan melepas kedua sekrup diikuti dengan melepas kabel gas dan kabel cuk. Namun sebelum itu jika Anda masih menggunakan filter udara standar, terlebih dahulu lepaskan filter untuk memudahkan membuang karburator. Setelah karburator dilepas, dilanjutkan dengan membongkarnya dengan melepas keempat sekrup di bagian bawah. Jika Anda telah membuka ruang pelampung, Anda akan melihat pelampung yang terbuat dari plastik. Lepaskan pelampung dengan menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan lepas dengan katup jarum. Selanjutnya adalah melakukan penyesuaian dengan menekuk ke atas (sedikit saja) logam yang digunakan untuk penahan katup jarum. Jika Anda telah memasang pelampung dan need valve dan lakukan pengecekan dengan meniup inlet (yang terkait dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan juga kebawah. Pastikan bahwa ketika pelampung turun, katup jarum terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar, katup jarum dapat menutup sepenuhnya. Jika tidak benar, lakukan reset.

Cukup Mudah bukan Cara Mengatasi Karburator Banjir Ini? Nah sebelum menginstal ulang lakukan pembersihan, terutama pada spuyer. Dalam membersihkan, Anda bisa menggunakan pembersih karburator lalu semprotkan dengan udara bertekanan.
Facebook Comments

0 comments