Stabilkan Pengisian Aki Sepeda Motor Anda Agar Tetap Awet

Usia pemakaian baterai pada sepeda motor atau di dalam mobil tidak hanya pada penggunaan dan pemeliharaan saja, tetapi sistem pengisian juga cukup memilik peran penting. Sistem kelistrikan di dalam kendaraan didukung oleh suplai daya dari Aki atau baterai. Karena dibutuhkan terus menerus, tentunya listrik di baterai akan berkurang dan habis, maka diperlukan sistem pengisian. Ketika mesin sedang berjalan, generator yang lebih dikenal sebagai spool akan berputar untuk menghasilkan listrik. Listrik kemudian digunakan untuk mengisi baterai. Nah karena besarnya tegangan listrik dari generator dipengaruhi oleh putaran mesin maka digunakan regulator (kiprok) sehingga listrik yang dihasilkan stabil. Jika kiprok ini rusak, tentu akan menyebabkan tegangan pengisian, menyebabkan baterai cepat keluar atau bahkan merusak.
Stabilkan Pengisian Aki Sepeda Motor Anda Agar Tetap Awet

Jika tegangan pengisian terlalu rendah maka dampak listrik di baterai akan habis. Sebaliknya, jika tegangan pengisian terlalu besar, baterai akan cepat rusak karena tekanan berlebih. Jika diibaratkan baterai ini bagaikan bak mandi. Jika ada orang yang mandi, air di bak mandi kecil sementara air yang mengalir dari keran juga sedikit, sehingga air di bak mandi akan cepat habis. Demikian pula, jika air mengalir terlalu cepat, air di bak mandi akan meluap.

Untuk memastikan tegangan pengisian yang benar dapat menggunakan multimeter yang bisa Anda dapatkan di toko elektronik. Putar selektor pada DC 50 lalu periksa voltase di baterai. Ketika mesin mati multimeter harus menunjukkan 12,3-12.12, 6 volt, sedangkan ketika mesin sedang menjalankan tegangan maksimum di baterai adalah 14,2 v. Jika Anda mendapatkan lebih dari jumlah ini, maka periksa sistem pengisian. Jika dibiarkan, itu akan mempersingkat masa pakai baterai karena tegangan pengisian yang berlebihan. Ketika loading terjadi seperti menyalakan lampu, tegangan pengisian yang baik adalah 12,3 v. Satu lagi jika baterai Anda telah rusak sebelum 1 tahun digunakan, maka sebelum diganti dengan baterai baru, lakukan cek dulu pada pengisian sistem.
Facebook Comments

0 comments