Inilah Penyebab Kenapa Sepeda Motor Anda Susah Hidup

Ada beberapa hal yang menyebabkan sepeda motor susah hidup. Namun, sepeda motor rata-rata yang sulit hidup terjadi pada motor yang kurang perawatan. Oleh karena itu, setiap pemilik kendaraan bermotor harus sadar akan pentingnya pemeliharaan pada kendaraannya. Bayangkan saja ketika Anda akan pergi bekerja, tetapi tiba-tiba sepeda motor sulit untuk hidup. Bagi Anda yang bisa menganalisis penyebabnya dan kemudian memperbaikinya, itu mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi bagaimana dengan mereka yang tidak tahu tentang masalah mesin?
Inilah Penyebab Kenapa Sepeda Motor Anda Susah Hidup
Sepeda motor sulit hidup karena tidak berfungsinya pembakaran bahan bakar di silinder. Ada 3 faktor utama dalam proses pembakaran, yaitu udara, bahan bakar, dan penyulutan. Jika ketiganya bertemu pada saat yang tepat, tentu saja sepeda motor akan hidup. Tetapi masalahnya adalah meskipun tiga komponen sudah ada, tidak pada waktu dan komposisi yang tepat. Misalnya, campuran antara bahan bakar dan udara yang masuk ke silinder tidak sesuai (14,7: 1), campuran bahan bakar sulit terbakar. Jadi ada beberapa penyebab yang membuat hidup sulit untuk sepeda motor di antaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab Kehidupan Motor yang Sulit


  1. Campuran bahan bakar tidak tepat - Dalam sistem karburator campuran ini dapat diatur melalui baut. Jika campuran bahan bakar dan udara tidak tepat (terlalu gemuk / tipis) maka tentu saja motor menjadi sulit hidup. Untuk itu, lakukan pengaturan yang benar. Triknya adalah memutar baut ini sampai macet dan kemudian putar lagi sekitar satu setengah lilitan.
  2. Pengapian - Waktu pengapian sangat berpengaruh dalam pembakaran di silinder. Tetapi secara umum waktu pengapian ini tidak akan berubah karena diatur untuk mati. Kemungkinan yang menyebabkan motor sulit menyala adalah busi. Ini bisa disebabkan oleh busi yang kotor, atau memang Anda businya sudah mati. Selain itu dapat juga disebabkan oleh komponen pengapian lain seperti CDI.
  3. Vakum Bensin Rusak - Pada beberapa sepeda motor dilengkapi dengan bensin vakum. Jika vakum gas rusak, aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat.
  4. Celah katup tidak benar - Ini jarang terjadi, tetapi jika pengaturan katup tidak benar maka proses input bahan bakar tidak benar sehingga motor sulit hidup bahkan tidak bisa dihidupkan.
  5. Bahan bakar menyatu dengan air - Kebiasaan sering melepas filter udara juga bisa membuat air masuk dan bercampur dengan bensin, akibatnya motor itu sulit hidup.

Saya pikir itulah penyebab sepeda motor yang sulit. Hal yang sering terjadi yang membuat kehidupan motor sulit adalah pengapian dan juga campuran pembakaran.
Facebook Comments

0 comments