Cara mengendarai mobil matik untuk pemula

Cara mengendarai mobil Matic - Mobil dengan transmisi otomatis atau yang dikenal sebagai mobil matic sangat diminati. Karena dalam mengendarai mobil matic tidak rumit karena hanya memainkan pedal gas dan rem. Selain itu mobil matic bisa membuat lebih sabar bagi pengendara dalam menghadapi tekanan psikologis karena kemacetan yang terjadi. Meski demikian ternyata masih banyak orang yang masih belum paham dalam mengendarai mobil secara otomatis.
Cara mengendarai mobil matik untuk pemula

Cara mengendarai Mobil Matic

Cara yang benar untuk menggerakkan Mobil Matic harus dipahami dengan benar oleh masing-masing pemilik untuk mendapatkan kinerja dan kenyamanan yang optimal. Untuk alasan ini, pahami fungsi mode operasi pada mobil otomatis, yaitu P, R, N, D, D-3, D-2, dan L. Berikut adalah fungsi dari tujuh mode operasi pada mobil otomatis :

P (parkir)

Ketika tuas transmisi berada di posisi P, mesin mobil dapat hidup tetapi mobil tidak akan berjalan meskipun pedal gas ditekan. Ini karena tekanan oli dalam transmisi akan dikembalikan ke reservoir, sehingga drive transmisi tidak berfungsi. Bayangkan saja jika tidak ada mode parkir, ketika di tempat parkir penuh dengan kendaraan Anda secara tidak sengaja menginjak pedal gas, tentu itu akan sangat beresiko. Jadi ketika Anda berada di area parkir, pastikan tuas transaksional ada di posisi P.

R (reserve)

Ketika Anda menggeser tuas transmisi ke posisi R, itu memungkinkan kendaraan untuk berjalan mundur.

N (netral)

Sama seperti posisi P, ketika tuas transmisi berada di posisi N mesin tetap hidup tetapi kendaraan tidak berjalan. Posisi N dipilih ketika berhenti seperti lampu merah.

D (drive)

Ketika Anda akan menjalankan mobil, pilihlah posisi D. Berbeda dengan transmisi manual, dalam mobil otomatis ini gerakan akselerasi berlangsung secara otomatis. Jadi Anda cukup menekan pedal gas, maka akselerasi-akselerasi akan terjadi secara otomatis di sepanjang kecepatan mobil. Ketika Anda ingin menyalip kendaraan lain, lakukan akselerasi sehingga pada saat itu TPS (sensor bukaan throttle) akan mengirim sinyal ke ECU sehingga posisi roda gigi lebih rendah.

D-3 / OD

Banyak yang masih bingung tentang cara mengendarai mobil matic dalam posisi D-3 ini. Meskipun fungsinya cukup sederhana, itu membatasi percepatan mobil ke gigi 3. Dalam mode D-3 ini akan sangat membantu ketika akan berakselerasi tanpa harus menekan pedal gas lebih dalam.

D-2 (intermediate)

Fungsi dari mode D-2 ini hampir sama dengan D-3, yang membatasi percepatan transmisi di gigi 2st. Dengan memilih posisi 2, itu juga akan membantu ketika mengemudi di turunan karena mesin dalam keadaan breaking.

L (low)

Posisi L ini sangat membantu ketika Anda melintasi jalan menanjak. Fungsinya untuk membatasi percepatan transmisi ke gigi 1 saja.

Memahami cara mengemudi mobil otomatis dengan memahami fungsi masing-masing posisi transmisi di atas akan sangat membantu Anda dalam mengendarai mobil secara otomatis. Dengan demikian perjalanan Anda dengan mobil otomatis akan lebih nyaman dan aman. Semoga berhasil.
This Is The Newest Post
Facebook Comments

0 comments



This Is The Newest Post