Cara membuat sepeda motor agar irit bahan bakar

Cara membuat sepeda motor agar irit bahan bakar - Memiliki sepeda motor yang ekonomis dan memiliki kinerja yang baik mungkin diinginkan oleh semua orang. Apalagi orang yang menggunakan motor ini setiap hari untuk kegiatan jarak jauh. Bayangkan berapa biaya untuk membeli bensin jika kendaraan yang dikendarainya memiliki konsumsi bahan bakar yang boros. Anda mungkin tidak memiliki sisa gaji bulanan Anda karena habis untuk membeli bensin. Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan beberapa tips agar sepeda motor Anda hemat bahan bakar.
Cara membuat sepeda motor agar irit bahan bakar
Teknologi memang berkontribusi untuk menentukan konsumsi bahan bakar kendaraan. Tapi itu bukan yang utama, 60% konsumsi bahan bakar sepeda motor ditentukan oleh kebiasaan mengemudi. Agar sepeda motor Anda hemat bahan bakar selain memilih sepeda motor yang menggunakan teknologi terbaru (misalnya, EFI), mulailah mengubah cara mengemudi Anda. Pada sepeda motor yang telah menerapkan sistem injeksi, durasi injeksi terlama selama akselerasi dan durasi injeksi terpendek adalah saat deselerasi. Dalam sistem karburator kebalikannya, karena masuknya bahan bakar ke dalam silinder didasarkan pada kevakuman, sehingga jumlah bahan bakar yang paling banyak disedot adalah ketika vakum tertinggi terjadi. Vakum tertinggi pada deselerasi karena pada saat itu kecepatan mesin masih tinggi sementara thtottle menutup sepenuhnya. Meskipun kedua sistem berbeda tetapi dapat disimpulkan bahwa mengendarai kendaraan secara tidak teratur (sering berakselerasi atau desaturating) akan membuat sepeda motor Anda boros bahan bakar.

Jadi untuk sepeda motor yang hemat bahan bakar, mulailah mengemudi dengan stabil atau dengan kecepatan konstan. Selain itu, setiap sepeda motor memiliki daya maksimum dan torsi maksimum sendiri. Misalnya, Honda Vario 125 memiliki daya maksimum sebesar 11,3 ps pada 8500. Jadi, biasakan untuk mengemudi dalam rentang tersebut. Dengan demikian mesin selalu bekerja dalam kondisi optimal. Selain membuat sepeda motor yang irit bahan bakar juga akan membuat komponen mesin menjadi awet. Jadi kesimpulannya adalah bagaimana membuat sepeda motor yang efisien bahan bakar dengan mengubah kebiasaan mengemudi Anda atau kebiasaan.
Facebook Comments

0 comments