Cara Membersihkan AC Mobil Avanza

Di daerah tropis seperti di Indonesia, kebutuhan AC diperlukan dalam kendaraan. Terutama di daerah-daerah di mana kemacetan sering terjadi, tanpa kehadiran AC, tubuh bisa terasa seperti di oven. Karena AC ini digunakan terus menerus, tentu saja perawatan harus dilakukan agar pekerjaan tetap optimal. Satu komponen yang perlu dipertimbangkan dalam sistem AC adalah filter AC. Di beberapa mobil seperti di mobil Avanza, komponen ini ada di dashboard kiri. Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran. Nah jika kotoran di dalam filter AC sudah terakumulasi, maka akan menimbulkan beberapa masalah seperti hembusan AC yang kurang rapat, pendingin udara kurang dingin, bau tak sedap muncul hingga menyebabkan penyakit seperti ISPA. Oleh karena itu filter AC perlu dibersihkan secara teratur.
Cara Membersihkan AC Mobil Avanza
Cara membersihkan filter AC ini sebetulnya cukup gampang. Bentuknya menyerupai filter udara di mesin. Untuk membersihkannya, tentu saja harus dihilangkan terlebih dahulu dengan membuka laci di sisi kiri dasbor. Cara menghapusnya cukup tekan klip di sisi kanan penutup. Jika kotoran yang menempel pada filter AC tidak terlalu banyak maka masih bisa dibersihkan menggunakan udara terkompresi dalam hal ini kompresor. Tetapi jika kondisi terlalu kotor yang ditandai dengan warna yang menjadi hitam pekat, maka harus diganti dalam filter AC. Biasanya penggantian filter AC dilakukan setiap 50 ribu Km. Dalam membersihkan filter AC, lakukan dengan hati-hati, karena jika dilakukan awalnya dapat merusak perangkat penyaring kotoran ini.

Jika sudah, pasang ulang filter AC ke lokasi asalnya. Nah dengan membersihkan atau mengganti filter AC, masalah seperti bau tak sedap, AC tidak dingin bisa segera diatasi. Selain itu, Anda juga menghindari penyakit ISPA yang disebabkan oleh filter AC yang kotor. Anda bisa menghirup udara yang ditiup oleh blower dalam kondisi bersih, karena kondisi filter AC yang bersih tidak lagi tersumbat dengan kotoran.
Facebook Comments

0 comments