Cara naik sepeda motor kopling untuk pemula

Meski kedengarannya mudah, ternyata masih banyak orang yang mempertanyakan cara mengendarai motor kopling. Pada dasarnya, semua sepeda motor memiliki setang, tetapi jenisnya berbeda. Kopling perangkat di sepeda motor atau mobil yang berfungsi untuk memotong dan menghubungkan rotasi dari mesin ke transmisi. Sekarang yang dimaksud dengan motor kopling di sini adalah motor yang menggunakan kopling manual (ada pegangan kopling pada setang kemudi). Sebagian besar kopling manual ini diterapkan untuk motor sport seperti Yamaha Vixion, CBR Honda, Kawasaki Ninja RR Mono, dll.
Cara naik sepeda motor kopling untuk pemula
Jika pada motor bebek Anda hanya menginjak tuas transmisi ketika akan pindah persneling, ini karena kopling otomatis. Namun kelemahannya adalah banyak energi yang hilang di kopling otomatis. Jadi dari itu semua motor sport menggunakan kopling manual sebagai alat transfer daya. Jika Anda akan pindah persneling, Anda harus memainkan tuas kopling di setang kemudi. Selain itu, perbedaan lain adalah pola gigi yang bergeser. Secara umum, sepeda motor yang menggunakan kopling manual memiliki pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Sekarang untuk berpindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, untuk pindah ke gigi 2 hingga 5 gerakan mundur. Di sini kami menyajikan cara mudah mengendarai sepeda motor kopling:

  1. Putar kunci kontak ke posisi "ON"
  2. Lebih baik untuk memposisikan transmisi dalam posisi netral dengan lampu indikator yang ditandai (biasanya hijau) kemudian tekan tombol starter. Yang perlu diperhatikan dalam menekan tombol starter ini tidak terlalu lama, maksimal 3 detik. Karena jika terlalu lama dapat menyebabkan baterai menjadi berlebih.
  3. Untuk menjalankan transmisi motor gigi ke posisi gigi 1. Caranya dengan menarik pegangan kopling terlebih dahulu, lalu injak tuas transmisi ke arah depan.
  4. Inilah yang kebanyakan orang yang baru belajar mengendarai motor kopling mengalami kesulitan. Saat akan berjalan biasanya melepas tuas kopling tiba-tiba, akibatnya motor mati dengan segera. Untuk itu, lepaskan tuas kopling perlahan ditemani dengan memutar pegangan gas secara perlahan.
  5. Jika kendaraan berjalan maka mulailah lepaskan tuas rem kopling / pegangan. Setelah kendaraan berjalan sekitar 10 Km / jam, lakukan penggantian ke gigi No. 2. Anda melakukan ini dengan menekan tuas kopling dan menginjak tuas transmisi ke belakang. Sekarang yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam menekan tuas kopling, tekan sepenuhnya sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan begitu akan membuat kopling motor Anda lebih tahan lama. Untuk pindah ke gigi di atas, lakukan dengan cara yang sama.
  6. Nah jika ingin berhenti, cabut tuas kopling dan lepaskan atau putar kembali pegangan gas dan ditemani dengan menekan tuas rem.
  7. Setelah berhenti mengembalikan gigi transmisi ke posisi 1, sekarang untuk pindah ke posisi netral, bawa tuas transmisi menjadi setengah, jika penuh, akan kembali ke gigi 2 lagi.
  8. Setelah gigi transmisi dalam posisi netral, Anda dapat melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi "nonaktif"

Itulah langkah-langkah dalam mengendarai sepeda motor kopling. Dengan latihan berkelanjutan, Anda pasti dapat mengendarai sepeda motor kopling dengan benar. Semoga berhasil..
Facebook Comments

0 comments